Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Tips Working Mom Tetap Dekat dengan Anak

Mungkin sebagian Bunda ada yang harus pergi bekerja dan tidak bisa menemani anak seharian. Wajar saja jika Bunda khawatir hubungan Bunda dengan anak meregang. Padahal, ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya para working mom tetap dekat dengan anak.

Apalagi, Bunda cukup melakukan aktivitas sederhana tapi terbukti bisa mempererat hubungan Bunda dengan anak. Jadi, walaupun Bunda harus bekerja setiap harinya, anak tetap bisa lengket dan hangat dengan Bunda.

Lalu apa saja sih tips agar working mom tetap dekat dengan anak?

  1. Tanyakan Aktivitas Anak Seharian dan Fokus Dengarkan

Hal pertama dan salah satu yang paling penting supaya working mom tetap dekat dengan anak adalah menanyakan aktivitas anak seharian setibanya Bunda di rumah. Tanyakan bagaimana sekolahnya hari ini, bagaimana teman-temannya, apa yang ia pelajari hari ini, atau adakah hal-hal unik yang terjadi di sekolah. 

Selain itu, yang perlu Bunda perhatikan adalah, Bunda harus fokus mendengarkan cerita anak. Jangan sampai Bunda malah sibuk dengan ponsel atau memikirkan hal lain yang bisa membuat anak merasa terabaikan dan tidak didengar.

Akan lebih baik lagi jika Bunda memberi tanggapan terhadap cerita mereka. Puji mereka jika mereka melakukan hal yang baik, dan jangan memarahinya jika melakukan sesuatu yang kurang bagus. Jadikan Bunda sebagai ibu sekaligus teman untuk anak, sehingga anak juga bisa lebih terbuka kepada orang tua.

  1. Jangan Membawa ‘PR’ Pekerjaan ke Rumah

Tips berikutnya supaya working mom tetap dekat dengan anak adalah dengan sebisa mungkin tidak membawa pekerjaan ke rumah. Ini bertujuan agar ketika Bunda berada di rumah, Bunda bisa meluangkan perhatian dan waktu Bunda sepenuhnya untuk anak dan kebutuhan keluarga.

Jika memang terpaksa ada pekerjaan tambahan yang harus dilakukan di rumah, Bunda bisa mengerjakannya setelah menyempatkan diri meluangkan waktu untuk anak atau setelah anak tertidur. Hindari sampai rumah langsung buka laptop lagi ya Bunda, sapa dan ngobrol dengan anak terlebih dahulu. Diam-diam anak rindu sekali dan menanti-nanti kepulangan Bunda, loh!

  1. Luangkan Hari Libur Sebaik-baiknya untuk Anak

Pada akhir pekan, Ayah dan Bunda juga harus meluangkan waktu libur sebaik-baiknya. Rencanakan liburan menyenangkan, bisa ke taman hiburan, ke pusat perbelanjaan, ke tempat makan favorit anak, ke taman, pantai, dan aktivitas liburan lainnya.

Selain itu, akhir pekan juga bisa dilakukan di rumah saja loh, Bunda. Ayah, Bunda, dan buah hati bisa melakukan quality time di rumah dengan melakukan kegiatan menarik. Ada berbagai hal seru yang bisa Ayah dan Bunda lakukan bersama di rumah, seperti berenang, memasak, menonton film, bermain musik, dan masih banyak lagi.

  1. Jangan Lupa Peluk, Cium, dan Ungkapan Sayang ke Anak

Tips working mom tetap dekat dengan anak yang selanjutnya adalah dengan rutin memeluk, mencium, atau mengungkapkan perasaan sayang kepada anak. Walaupun terkesan sederhana, namun hal-hal ini sangat penting untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatian Bunda kepada anak.

Sebelum anak berangkat sekolah, sebelum Bunda berangkat kerja, atau setelah Bunda pulang bekerja, biasakan untuk mencium si kecil dan mengungkapkan rasa sayang Bunda. Menggunakan panggilan sayang untuk anak juga bisa menghangatkan hubungan Bunda dengan anak, loh. 

  1. Temani Anak Sarapan dan Siapkan Keperluan Sekolah

Cara agar working mom tetap dekat dengan anak yang terakhir adalah melibatkan diri dalam aktivitas mereka setiap harinya. Sebelum Bunda berangkat bekerja dan setelah Bunda pulang bekerja, usahakan untuk tetap memperhatikan kebutuhan anak. Bunda bisa menyiapkan dan menemani anak saat sarapan dan bersiap-siap berangkat sekolah, atau membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah setelah Bunda pulang bekerja.

Di akhir pekan, Bunda juga bisa membantu mendampingi mereka mengerjakan tugas atau belajar.

Pastikan juga Bunda mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas mereka di sekolah, seperti tugas-tugas, jadwal ujian, perlengkapan yang harus dibawa ke sekolah, tugas kreasi, dan lain-lain. Semakin Bunda melibatkan diri dalam aktivitas anak di sekolah, mereka pasti juga akan makin dekat dengan Bunda.

Itu dia beberapa tips agar working mom tetap dekat dengan anak yang bisa Bunda coba. Yang paling penting, jangan membuat anak merasa terabaikan dan seakan Bunda hanya fokus dengan pekerjaan Bunda. Bangunlah komunikasi yang baik dan luangkan waktu sebisa mungkin untuk anak ketika Bunda berada di rumah.

Ayah dan Bunda juga bisa mencoba program pendidikan anak usia dini dengan metode blended learning tekakita. Di sini, anak akan mendapatkan ratusan aktivitas online dan offline yang bisa dilakukan bersama Ayah dan Bunda. 

Selain seru dan edukatif, belajar di tekakita juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sesuai waktu yang diinginkan anak serta Ayah dan Bunda. Dengan belajar dan bermain bersama, hubungan Ayah, Bunda, dan si kecil bisa semakin dekat dan hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *