Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

8 Tips Anak Lancar Bahasa Inggris Sejak Dini

Di era saat ini di mana bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua dan merupakan skill wajib, Ayah dan Bunda pasti ingin anak lancar bahasa Inggris sejak dini. Nah, selagi anak lagi berada di periode emas yang mudah menyerap apa pun yang diajarkan kepadanya, mulai latih anak lancar bahasa Inggris dari sekarang yuk, Ayah dan Bunda!

Ketika kita melihat anak-anak yang sudah fasih berbahasa Inggris, mungkin terlintas di benak kita betapa mahalnya biaya kursus bahasa Inggris saat ini. Padahal, ada banyak hal mudah dan murah yang bisa kita lakukan di rumah untuk melatih anak lancar bahasa Inggris sejak dini, loh.

Hal-hal tersebut juga tidak perlu rumit dan mahal. Cukup dengan melakukannya secara rutin dan konsisten supaya anak menjadi terbiasa, dan bukannya karena dipaksakan.

Ayah dan Bunda juga bisa menggunakan platform edukasi tekakita. Dengan tekakita, Ayah dan Bunda tidak perlu repot lagi deh mencari bahan ajar agar anak lancar bahasa Inggris! 

Yuk, Ayah dan Bunda, kita intip cara-cara sederhana agar anak lancar bahasa Inggris sejak dini.

  1. Menggunakan Lagu

Tips pertama agar anak lancar bahasa Inggris adalah dengan membiasakannya dengan istilah-istilah asing melalui lagu. Tahukah Bunda, menurut penelitian yang dilakukan akademisi Petr Janata, musik, ingatan, dan emosi saling terkait. Studinya menemukan, musik bisa jadi pemicu kuat untuk ingatan. Makanya, enggak heran kan kenapa lirik lebih mudah diingat daripada hafalan?

Dalam menyanyikan sebuah lagu, si kecil tidak akan merasa bahwa mereka sedang belajar atau menghafal sesuatu, melainkan sedang bernyanyi dan mendengarkan musik. Mereka pun akan lebih bersemangat menggunakan bahasa Inggris. 

  1. Menonton Film atau Video Berbahasa Inggris

Selanjutnya adalah mengajak mereka menonton film atau video berbahasa Inggris. Saat ini sudah banyak video berbahasa Inggris di YouTube yang dapat dengan mudah Ayah dan Bunda akses. Video-video yang ditonton bisa bersifat edukatif, menghibur, atau keduanya. Sudah banyak pula film-film anak berbahasa Inggris yang tersedia di berbagai platform streaming.

Dengan sering mendengarkan film atau video yang mereka suka, anak tidak akan asing jika mendengar kalimat dalam bahasa Inggris. Kosakata mereka pun akan semakin bertambah, dan mereka dapat lebih memahami konteks melalui cerita dan dialog dalam bahasa Inggris.

  1. Biasakan Berbicara Bahasa Inggris di Rumah

Konsep ‘bisa karena biasa’ sangat berperan penting dalam membuat anak lancar bahasa Inggris. Itu berarti, Ayah dan Bunda juga harus ikut aktif membiasakan diri berbicara bahasa Inggris di rumah. Tidak harus full bahasa Inggris tanpa menggunakan bahasa Indonesia sama sekali, tapi Ayah dan Bunda bisa menggunakan metode mencampurkan bahasa.

Dengan terbiasa berbicara dan mendengarkan bahasa Inggris di rumah, bahasa Inggris tidak akan menjadi bahasa yang ‘asing’ bagi mereka, sehingga memahami dan menggunakannya di kehidupan sehari-hari tidak akan sulit.

  1. Bermain Game dan Aplikasi Bahasa Inggris

Nah, cara paling menyenangkan supaya anak lancar bahasa Inggris adalah dengan bermain game. Permainan yang dimainkan bisa berupa aplikasi atau game fisik. Ada banyak aplikasi edukatif yang bisa kita temukan di App Store dan Play Store.

Sementara untuk game fisik, Ayah dan Bunda bisa memainkan permainan Simon Says, Observe and Remember, Hangman, ABC 5 Dasar, dan permainan lainnya.

  1. Bacakan Buku Berbahasa Inggris

Tips selanjutnya untuk membuat anak lancar bahasa Inggris adalah dengan membacakan buku berbahasa Inggris. Dengan begitu, mereka dapat lebih familiar dengan kosakata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Jika si kecil belum mengerti, Ayah dan Bunda bisa mengartikannya dalam bahasa Indonesia juga, supaya mereka dapat menambah kosakata baru.

  1. Ajarkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Gambar

Ayah dan Bunda juga bisa mengajarkan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan gambar. Misalnya gambar pohon, buah-buahan, gambar kendaraan, atau gambar hewan.

Gambar-gambar tersebut dengan keterangan bahasa Inggrisnya juga bisa ditempel di dinding kamar. Jika sering dilihat oleh anak, mereka akan lebih mudah untuk mengingat.

  1. Mengikuti Les Bahasa Inggris

Jika Ayah dan Bunda telah melakukan hal-hal di atas namun masih merasa kurang, tidak ada salahnya Ayah dan Bunda memasukkan mereka untuk ikut kursus bahasa Inggris. Yang penting, jangan sampai mereka merasa terbebani dan lelah dengan jadwal kursus yang terlalu padat.

  1. Biasakan Bukan Paksakan

Pada akhirnya, agar anak lancar bahasa Inggris, pastikan Ayah dan Bunda tidak memaksakannya terlalu berlebihan kepada anak. Lebih baik membiasakan mereka, karena di usia dini, tanpa perlu dipaksa pun anak akan dengan mudah mengingat dan melatih kemampuan mereka sendiri jika didukung oleh lingkungan dan orang tua.

Selain tips di atas, Ayah dan Bunda juga bisa mendaftarkan buah hati di tekakita. Di sini, anak akan diperkenalkan dengan kosakata yang ada di kehidupan sehari-hari, serta lembar tugas harian dan video yang memperkenalkan 1.000 kosakata bahasa Inggris. 

Anak-anak juga bisa melakukan aktivitas motorik dengan menebalkan huruf sambil belajar kosakata tersebut. Tak hanya bahasa Inggris, tekakita menyediakan kurikulum yang sesuai dengan Pendidikan Dasar Anak Usia Dini. Lengkap ‘kan? Yuk, gabung tekakita sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *