Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Manfaat Musik untuk Anak: Picu Kreativitas hingga Tingkatkan Kerja Otak

Bukan hanya sebagai hiburan, musik juga memiliki sejuta manfaat bagi tumbuh kembang anak. Cari tahu yuk, Ayah dan Bunda, manfaat musik untuk anak yang perlu kita tahu!

Tumbuh kembang anak tentunya perlu diamati dan diperhatikan oleh setiap orang tua, untuk memastikan bahwa buah hati tumbuh sehat dan cerdas. Pertumbuhan dapat diamati secara fisik, sementara perkembangan anak dapat diamati secara emosional. Keduanya sangat penting dan harus dikembangkan secara optimal dengan asupan nutrisi dan dukungan dari lingkungan.

Terdapat tiga faktor utama untuk mendukung laju tumbuh kembang dan tingkat intelegensi anak: faktor genetik, faktor nutrisi, dan faktor stimulasi. Selain asupan nutrisi, orang tua sebagai lingkungan terdekat harus memberikan asupan stimulasi sebagai pendukung tumbuh kembang anak. Ternyata, musik juga punya segudang manfaat untuk membantu perkembangan. Apa saja sih manfaat musik untuk anak?

  1. Meningkatkan Kreativitas

Mengingat musik sangat erat kaitannya dengan kreativitas dan imajinasi, tentunya manfaat musik untuk anak yang pertama adalah meningkatkan kreativitas. Pada saat bermusik, anak mengaktifkan seluruh bagian otaknya, baik itu otak kanan (untuk memproses emosi, nada, suara, irama, dan lain-lain) maupun otak kiri (yang memproses bahasa, lirik, dan logika).

Dalam bermusik, anak dapat mengeksplor imajinasinya, mengasah kreativitas mereka, hingga menggerakkan anggota tubuh dan indera mereka. Musik juga bisa menjadi sarana bagi mereka untuk bercerita, baik melalui lirik maupun nada dan irama, bahkan tarian.

  1. Mengembangkan Kemampuan Emosional

Mengembangkan kemampuan emosional ternyata juga merupakan manfaat musik untuk anak loh, Ayah dan Bunda. Musik bisa menjadi salah satu sarana untuk merasakan kasih sayang, kebahagiaan, empati, hingga sedih, serta perasaan lain yang bisa mulai dirasakan oleh anak.

Membiasakan anak untuk lebih mengenal emosi dan perasaan bisa melatih mereka untuk menata perilaku mereka ketika merasakan perasaan tertentu. Musik juga erat kaitannya dalam hal spiritual anak, misalnya lantunan Alquran untuk mereka yang beragama Islam atau lagu rohani untuk mereka yang beragama nasrani.

Musik atau lagu yang disukai anak-anak juga terbukti bisa menumbuhkan suasana hati yang baik, cocok nih Bunda biar si kecil bisa selalu good mood!

  1. Meningkatkan Kerja Otak dan Kemampuan Akademis

Manfaat musik untuk anak yang lebih umum adalah kemampuannya untuk meningkatkan kerja otak serta kemampuan akademis. Peneliti McGill University Kanada bahkan mengungkapkan, musik bisa mengaktifkan reward center yang mendorong otak untuk menyerap informasi baru.

Banyak penelitian juga menemukan bahwa musik bisa membuat anak lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi loh, Bunda. Karena kinerja otak yang baik dan informasi bisa terserap dengan sempurna, alhasil kemampuan akademis anak juga bisa maksimal. Selain itu, ide-ide cemerlang juga bisa timbul berkat stimulus musik.

  1. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Terampil dalam bersosialisasi sangatlah penting bagi anak usia dini, dan musik bisa menjadi solusi dalam membantu anak bergaul. Menurut penelitian di Australia, anak yang menyukai musik memiliki kemampuan sosial yang lebih baik dan memiliki komunikasi yang bagus.

Dalam bermusik, anak biasanya akan dilibatkan dengan orang lain, entah itu teman bermusik, ayah, bunda, hingga guru musik. Dalam bermain musik, anak juga belajar bekerja sama dengan orang lain untuk melantunkan musik yang indah. Ini artinya, mereka bisa keluar dari zona nyamannya dan belajar bekerja bersama orang lain.

  1. Mempertajam Daya Ingat

Manfaat musik untuk anak selanjutnya adalah mempertajam daya ingat. Menghapal lirik bisa mengasah kemampuan anak untuk mengingat serta menambah kosakata. Karena kemampuan ini, musik juga kerap dijadikan sarana anak untuk mengingat berbagai hal, mulai dari alfabet, nama hari, nama bulan, dan lain-lain.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Tak bisa dipungkiri, musik bisa membangun rasa percaya diri pada anak loh, Ayah dan Bunda. Mempelajari musik bisa jadi sulit bagi sebagian anak. Namun, jika akhirnya mereka berhasil memainkan musik, mereka akan memupuk rasa percaya diri bahwa mereka bisa melakukan apa pun asalkan rajin dan pantang menyerah. Terbiasa menampilkan permainan musik atau bernyanyi di depan banyak orang juga sangat membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak.

  1. Melatih Kemampuan Motorik

Manfaat musik untuk anak yang terakhir adalah melatih kemampuan motorik. Ketika anak sering berlatih instrumen musik, otomatis keterampilan motorik dan kemampuan koordinasinya pun meningkat. Selain itu, kemampuan motorik juga dapat dilatih ketika mendengarkan musik sambil menari atau menggoyangkan badan.

Nah, itu dia beberapa manfaat musik untuk anak. Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat musik untuk anak seperti melatih kedisiplinan, meredakan stres, hingga melatih untuk bersabar.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan Ayah dan Bunda bersama anak yang melibatkan musik. Misalnya, membeli peralatan karaoke di rumah, mengajarkan nyanyian untuk anak-anak dalam mengingat berbagai hal (menghafal nama hewan, mengajarkan menggosok gigi, dll), bermain musik bersama, menyaksikan pertunjukan musik, dan masih banyak lagi.

Atau, Ayah dan Bunda bisa mendengarkan musik sambil belajar bersama tekakita. Ada ratusan aktivitas menarik dan edukatif yang tentunya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yuk, Ayah dan Bunda, mulai eksplorasi potensi anak sejak dini bersama tekakita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *